Jumat, 08 Juni 2012

BERITA BOLA TERKINI

POLANDIA TERTAHAN OLEH YUNANI

Tuan rumah Euro 2012 Polandia gagal memetik kemenangan pada laga pembukaan setelah harus puas bermain imbang 1-1 kala menjamu Yunani pada laga Grup A di Stadion Nasional Warsawa, Jumat (8/6).

Hasil ini menjadi kerugian bagi kedua tim karena membuat mereka cuma mendapat satu poin. Satu laga Grup A lainnya akan mempertemukan Rusia dengan Republik Ceko.

Bermain di depan publik sendiri, Polandia mencoba menekan Yunani sejak pertandingan dimulai. Laga baru berjalan empat menit, Polandia sudah mendapat peluang ketika tembakan Rafal Murwasi masih bisa digagalkan kiper Konstantinos Chalkias.

Yunani balas mengancam. Beberapa menit kemudian peluang Theofanis Gekas yang menanduk tendangan bebas Giorgios Karagounis masih meleset dari gawang Wojciech Szczesny .

Memasuki menit 17 publik Polandia bersorak ketika penyerang Robert Lewandowski berhasil membuka keunggulan usai menanduk umpan Jacob Blaszczykowski.

Yunani ganti meningtkatkan intensitas serangannya. Dua peluang lewat Kostas Katsouranis dan Sotiris Ninis masih belum bisa menembus gawang Polandia.

Petaka menimpa Yunani sesaat sebelum jeda. Pemain bertahan Sokratis Papastathopoulos  diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua akibat menjatuhkan Murawski.

Meski kalah jumlah pemain, Yunani secara mengejutkan bisa menyamakan skor enam menit setelah jeda berkat gol Dimitris Salpingidis yang memanfaatkan kemelut di mulut gawang Polandia.

Pada menit 68 giliran Polandia yang harus bermain dengan 10 pemain setelah Szczesny mendapat kartu merah akibat melanggar Salpingidis di kotak penalti. Selain itu Yunani juga mendapat hadiah penalti.

Beruntung bagi Polandia karena kiper pengganti Przemyslaw Tyton tampil gemilang dan bisa menggagalkan eksekusi penalti Karagounis. Skor 1-1 bertahan sampai bubaran.

Susunan Pemain:

Polandia: Szczesny; Piszczek, Wasilewski, Perquis, Boenisch; Blaszczykowski, Polanski, Murawski, Rybus (Tyton 69'); Obraniak; Lewandowski.

Yunani: Chalkias; Torosidis, A. Papadopoulos (K. Papadopoulos 37'), Papastathopoulos, Holebas; Maniatis, Katsouranis, Karagounis; Ninis (Salpingidis 46'), Gekas (Fortounis 68'), Samaras.



RUSIA GASAK CEKO 4-1

 Aksi menawan pemain muda Alan Dzagoev membawa Rusia mengawali kiprah di Grup A Euro 2012 dengan sempurna usai mencukur Republik Ceko 4-1 di Stadion Miejski, Jumat (8/6).

Kemenangan besar ini membuat Rusia berhak memuncaki klasemen Grup A dengan poin tiga karena di laga sebelumnya Polandia dan Yunani bermain imbang 1-1. Ceko sendiri tersungkur di dasar klasemen.

Pasukan Dick Advocaat patut berterima kasih kepada Dzagoev. Dalam laga ini pemain asal CSKA Moskow itu menjadi bintang lapangan dengan torehan dua golnya.

Rusia cuma butuh 14 menit saja untuk bisa membuka keunggulannya melalui sontekan Dzagoev setelah menyambar bola rebound sundulan Alexander Kerzhakov yang membentur tiang gawang.

Empat menit kemudian Dzagoev seharusnya bisa menggandakan keunggulan Rusia ketika mendapat umpan matang dari Kerzhakov. Sayangnya kali ini tembakan Dzagoev masih melebar dari gawang Ceko.

Pada menit 23, Rusia menggandakan skor saat umpan matang Andrei Arshavin dikonversi Roman Shirokov menjadi gol lewat tendangan lob yang melewati kiper Petr Cech.

Laga berjalan setengah jam, peluang emas kembali dimiliki Rusia lewat Kerzhakov yang sayangnya masih meleset dari sasaran.

Ceko mencoba bangkit di babak kedua. Hasilnya mereka bisa memperkecil kedudukan enam menit setelah jeda lewat gol Vaclav Pilar yang menuntaskan umpan Jaroslav Plasil.

Namun Rusia tidak memberi ampun dan kembali menjauh pada menit 77. Kembali Dzagoev yang memperdaya Cech setelah menerima umpan dari Roman Pavlyuchenko.

Selang empat menit kemudian Pavlyuchenko menutup pesta Rusia berkat tendangan kerasnya.

Susunan Pemain:

Rusia: 16-Vyacheslav Malafeyev; 2-Alexander Anyukov, 12-Alexei Berezutsky, 4-Sergei Ignashevich, 5-Yuri Zhirkov; 6-Roman Shirokov, 7-Igor Denisov, 8-Konstantin Zyryanov; 17-Alan Dzagoyev (Alexander Kokorin 84'), 11-Alexander Kerzhakov (Roman Pavlyuchenko 73'), 10-Andrei Arshavin

Rep. Ceko: 1-Petr Cech; 2-Theodor Gebre Selassie, 5-Roman Hubnik, 6-Tomas Sivok, 3-Michal Kadlec; 13-Jaroslav Plasil, 19-Petr Jiracek (Milan Petrzela 76'); 14-Vaclav Pilar, 10-Tomas Rosicky, 9-Jan Rezek (Tomas Hubschmann 46'); 15-Milan Baros (David Lafata 85')


Nani Diragukan Bisa Tampil Hadapi Jerman

 Portugal terancam tidak bisa menurunkan pemain sayap Luis Nani saat melakoni laga perdana di Euro 2012 melawan Jerman nanti malam.
Nani mengalami cedera kaki saat Portugal kalah 1-3 dari Turki pada laga uji coba akhir pekan lalu. Cedera yang dialami Nani sama dengan yang didapatnya saat membela Manchester United Januari lalu dan membuatnya absen dua bulan.
Pelatih Portugal Paulo Bento mengakui Nani masih belum pasti bisa turun melawan Jerman. Tim medis akan kembali melihat perkembangan Nani setelah sesi latihan hari ini.
"Nani berlatih kemarin dan besok dia akan berlatih lagi dan kemudian kami akan mengevaluasi cedera ini yang dia dapat pada bagian tubuh yang sama seperti sebelumnya," ujar Bento.
"Kami akan melihat setelah latihan besok bagaimana kita melanjutkan dengan Nani. Satu-satunya pemain kami yang tidak siap adalah Nani," tegas Bento.
Bila Nani sampai absen tentu saja akan merugikan Bento karena tenaga pemuda 25 tahun itu sangat dibutuhkan seandainya Cristiano Ronaldo dimatikan oleh tim lawan.



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar