Minggu, 13 Mei 2012

10 MOST HIGHEST WATERFALLS OF THE WORLD

1. AIR TERJUN (WATERFALLS)

  Air Terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.


Tyssestrengene Falls
10.Tyssestrengene Falls,Norwegia
Terletak di Odda, Norwegia, di sungai Tyssa Ketinggiannya2.123 kaki / 647 meter










Lower Mar Valley
9.Lower Mar Valley (Østra Mardolafoss),Norwegia
Terletak di Eikesdal, Norwegia, di jeram Sungai Mardals,ketinggian air terjun ini 2.151kaki / 655 meter.






Espelands Falls
8.Espelands Falls  (Espelandsfoss),Norwegia
Terletak di Hardanger,Fyord, Norwegia, di sungai Opo Ketinggiannya 2.307kaki /703 meter

Pieman Falls
7.Pieman Falls,Australia
Terletak di Taman Nasional Alpine, Victoria, Australia,anak sungai Piemans Ketinggiannya 2346 kaki/715 meter


Yosemite Falls
6.Yosemite Falls,USA
 Terletak di Taman Nasional Yosemite,pada sungai Yosemite California, USA
 ketinggian air terjun ini2425 kaki/735 meter



Mutarazi Falls (Mtarazi)
5. Mutarazi Falls (Mtarazi), Zimbabwe 
Terletak di sungai Mutarazi di Taman Nasional Nyanga, Zimbabwe,Ketinggiannya 2499 kaki/762 meter.



Monge Falls
4.Monge Falls,Norwegia
 terletak di Marstein, Norwegia, di sungai Mongebeck, adalah air terjun tertinggi keempat di dunia. Ada beberapa perselisihan mengenai ketinggian air terjun ini, tetapi yang umumnya tercantum  2540 kaki/774meter.


Utigord falls
3.Utigord falls Norwegia adalah yang tertinggi ketiga di dunia ketinggiannya sekitar 2.685 kaki/850meter.Air Terjun ini  juga dikenal dengan nama alternatif , Ramnefjellsfossen, setelah gunung di dekatnya, Ranmefjell, yang dalam seratus tahun terakhir telah menewaskan lebih dari 100 orang sebagai akibat dari tanah longsor.Air terjun Utigord merupakan air terjun glasier





Tugela falls
2.Tugela falls Afrika Selatan adalah air terjun kedua tertinggi didunia. Ketinggian totalnya (lima kali terjun, amphitheater series) adalah 947 meter. Lokasinya di Drakensberg (Dragon’s Mountains) di Royal Natal National Park di KwaZulu-Natal Province, Afrika Selatan. Air terjun ini semakin nyata terlihat setelah hujan deras dari jalan utama menuju perjalanan dedalam taman. Sumber air berasal dari sungai Tugela River.

Angel atau Salto Angel
1. Angel atau Salto Angel ,Venezuela. adalah air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan "Air terjun Angel" untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" ("Aiyan-tepui") yang berarti "Gunung Setan".

Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar